Mengenal Suara Kokok ayam Pelung

Posted on 20.34 | By Pelung Maniak | In

Hingga saat ini masyarakat Jawa Barat khususnya masyarakat di kabupaten Cianjur dan Sukabumi memelihara ayam pelung hanya untuk dinikmati suaranya. Memang ayam pelung mempunyai suara khas dan berbeda dengan suara kokok ayam kampung lainnya.



A. Kokok Jago Pelung Paling Panjang di Dunia

Biasanya suara koko ayam jago pelung pada permulaannya besar dan keras, selanjutnya panjang berirama dan akhirnya terdapat suara akhir yang bersih. suara yang besar dan berirama panjang merupakan idaman semua pemilik pelung karena dengan demikian harga seekor pelung akan sangat mahal dan berpotensi untuk menjuarai lomba tingkat nasional. untuk mengenal ciri suara kokok pelung dapat berpedoman pada beberapa kriteria berikut.

1. Panjang Pendeknya Suara

Jago ayam pelung yang kondisinya sehat dan mempunyai pernapasan yang baik biasanya memiliki suara kokok yang panjang. pelung yang berumur 8 bulan atau masih lancuran biasanya memiliki suara yang labil dan pendek tetapi semakin tua berangsur-angsur berubah menjadi bertambah panjang. sedangkan jago pelung yang pernah mengalami sakit radang tenggorokan suaranya sering menjadi rusak dan pendek.

suara kokok pelung terdiri dari suara depan, suara tengah dan suara akhir. sebagai patokan untuk mengetahui apakah seekor jago pelung mempunyai suara panjang, paling tidak suara kokok tersebut memerluikan waktu 13 detik dengan rincian sebagi berikut
1. Lamanya suara depan minimal 2 detik
2. Lamanya suara tengah minimal 7,5 detik
3. lamanya suara akhir minimal 3,5 detik

2. Volume Suara

volume suara pelung yang baik adalah volume suara yang besar dan bersih, tidak pecah, serak atau pendek.

Comments (3)

ass mas ni ayam pelung'a kna brapa ya
saya minat lokasi jakarta utara ni no sya:02197222200
kabarin'a lwt hp aje mas
sya jarang ol
mksh

ass mas ni ayam pelung'a kna brapa ya
saya minat lokasi jakarta utara ni no sya:02197222200
kabarin'a lwt hp aje mas
sya jarang ol
mksh

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.